Cara Memilih Waralaba Paling Jitu


Tips Mencari Waralaba Paling Oke
- Berbagai tips memilih waralaba/franchise akan menyuruh Anda untuk memilih antara waralaba modal kecil (di bawah 10 juta rupiah) atau besar tergantung dari anggaran anda, namun siapa yang tidak memahami hal itu?

Faktor yang lebih penting dalam hal memilih waralaba tidak sekedar soal menyediakan anggaran yang tepat, melainkan juga faktor-faktor lain yang berkaitan erat dengan minat, lokasi usaha dan kemampuan pribadi anda dalam mengatur serta menjalankan jenis usaha tersebut.

Bisnis waralaba memang telah memiliki set suplai produk, logo dan paket bisnisnya sendiri, namun hal itu bukan berarti membuat semua hal menjadi lebih mudah begitu saja.

Bisnis waralaba tetaplah sebuah bisnis yang harus dikelola dengan baik agar bisa berkembang dan sukses. Jika tidak, nasib bisnis anda mungkin akan sama seperti berbagai jenis bisnis serupa yang kesuksesannya gagal diwujudkan oleh si pemilik.

Mendobrak Mitos Pemilihan Bisnis Waralaba

Sudah berapa kali Anda mendengar tentang mereka yang memulai bisnis waralaba dengan cara yang sepertinya sudah tepat, namun baru beberapa bulan, bisnis tersebut tutup. Ada pula orang-orang yang asal memilih bisnis yang sudah memiliki nama populer, dengan anggapan bahwa keuntungan pasti akan datang dengan mudah.

Karena pengelolaannya kurang baik, bisnis tersebut akhirnya tetap tidak mendatangkan keuntungan. Bisnis waralaba sama saja dengan jenis bisnis yang lain dalam hal pengelolaan: diperlukan lebih dari sekedar modal besar dan nama tenar untuk memilih bisnis waralaba yang cocok untuk anda.

Tips Memilih Bisnis Waralaba yang Tepat

Berikut adalah beberapa tips memilih waralaba/ franchise agar sesuai dengan kemampuan pengelolaan Anda.
  • Selalu pilih usaha waralaba yang jenis industrinya sesuai dengan minat Anda.
Jika Anda tidak suka memasak atau tidak berminat di bidang kuliner, Anda tidak akan pernah merasa puas dengan pekerjaan Anda mengelola waralaba kedai kopi atau warung makan, tidak peduli waralaba tersebut sangat terkenal dan banyak diliput di berbagai media online.

Memilih jenis bisnis yang sesuai dengan minat Anda akan lebih memudahkan dalam hal pengelolaan dan pengembangan di masa depan. Memilih jenis usaha waralaba yang tidak sesuai dengan minat merupakan salah satu penyebab umum mengapa begitu banyak bisnis sejenis bangkrut dalam waktu singkat.

Tentunya bukan berarti anda jadi takut mencoba peluang bisnis baru, namu paling tidak Anda harus memiliki minat dulu dalam jenis bisnis tersebut.
  • Pilih jenis usaha waralaba yang bisa diaplikasikan di lingkungan Anda. 
Jangan hanya berpatok pada popularitas. Jika Anda tidak tinggal di daerah dimana kebanyakan orangnya memang tidak membutuhkan jasa binatu, percuma saja membuka usaha binatu walaupun Anda tahu usaha tersebut banyak diulas. Cara terbaik untuk menemukan kesempatan tersebut adalah dengan rajin melakukan survey di lingkungan yang anda bayangkan akan menjadi tempat usaha Anda, mengamati jenis komunitasnya dan memilih jenis usaha yang sesuai. Ini adalah tips memilih waralaba/ franchise yang paling disarankan.
  • Pastikan anda melakukan survey terhadap paling tidak dua atau tiga jenis waralaba sejenis sebelum anda memilih satu. 
Lakukan analisis mendalam terhadap potensi keuntungan, potensi pelanggan dan sebagainya, jangan hanya sekedar memilih satu yang menurut anda bagus tanpa memikirkannya lebih dulu.

Ketiga tips memilih waralaba/franchise ini bukan satu-satunya yang bisa Anda lakukan saat memilih sebuah usaha waralaba, namun ketiganya merupakan poin utama yang setiap calon pemilik waralaba harus perhatikan sebelum mulai menyeleksi dan memilih satu jenis usaha waralaba yang paling cocok. (Sumber:www.menjadiwirausaha.com)


Sharing is Caring, Please Share:

Artikel Hisana Fried Chicken Lain:

© Hisana Fried Chicken | Design by Litera